Rabu, 04 September 2013

Belajar HTML Dasar Page 1: Pengertian Tag, Elemen, dan Atribut pada HTML


Untuk tutorial pengertian tag, elemen, dan atribut pada HTML ini kita akan membahas apa yang dimaksud dengan Tag, Elemen, dan Attribut. Ketiganya merupakan dasar dari HTML, dan dasar dari seluruh halaman web.
Pengertian Tag dalam HTML
Sebagai sebuah bahasa markup, HTML membutuhkan cara untuk memberitahu web browser bagaimana suatu text ditampilkan. Apakah text itu ditulis sebagai sebuah paragraf, list, atau sebagai link? Dalam HTML, tanda ini dikenal dengan istilah tag.
Hampir semua tag dalam HTML ditulis secara berpasangan, tag pembuka dan tag penutup, dimana objek yang dikenai perintah tag berada di antara tag pembuka dan tag penutup. Objek disini dapat berupa text, gambar, maupun video. Penulisan tag berada di antara dua kurung siku.
Format penulisan tag:
<tag_pembuka>objek yang dikenai perintah tag</tag_penutup>
Contohnya jika kita ingin membuat suatu text dalam sebuah paragraf di tulis tebal atau miring, dalam HTML dapat ditulis sebagai berikut:
Ini adalah sebuah paragraf. <i>Hanya kumpulan beberapa kalimat</i>.
Paragraf ini terdiri dari <b>3 kalimat</b>.
Hasil dari sebagian kode HTML diatas, diterjemahkan oleh browser menjadi:
Ini adalah sebuah paragraf. Tidak lain dari kumpulan beberapa kalimat. Paragraf ini terdiri dari 3 kalimat.
Tag <i> pada kode HTML diatas memberikan perintah kepada browser untuk menampilkan text secara garis miring (i, singkatan dari italic), dan tag <b> untuk menebalkan tulisan (b, singkatan dari bold).
Contoh tag:
<p> Ini adalah sebuah paragraf </p>
<p> adalah tag pembuka, dalam contoh ini p adalah tag untuk paragraf
</p> adalah tag penutup paragraf. Perbedaannya dengan tag pembuka terletak dari tanda backslash (/)
Jika kita lupa memberikan penutup tag, umumnya browser akan “memaafkan” hal ini dan tetap menampilkan hasilnya seolah-olah kita menuliskan tag penutup. Walaupun hal ini memudahkan kita, namun tidak disarankan.
*pengecualian beberapa tag tidak berpasangan, seperti <br> untuk break (pindah baris) atau <hr> untuk horizontal line (garis horizontal) ditulis dengan <br />, dan  <hr />. Tag ini dikenal juga dengan sebutan self closing tag.
HTML tidak case-sensitif, dalam artian <p> sama dengan <P>. Pada awal kemunculan HTML, programmer menggunakan huruf besar untuk seluruh tag, agar membedakan dengan text yang berupa isi dari web. Namun varian HTML,xHTML mewajibkan huruf kecil untuk semua tag. Oleh karena itu disarankanmenggunakan huruf kecil dalam penulisan tag.
Pengertian Elemen dalam HTML
Elemen adalah isi dari tag yang berada diantara tag pembuka dan tag penutup.
Seperti contoh diatas, “Ini adalah sebuah paragraf” adalah element dari tag <p>.
Elemen tidak hanya berisi text, namun juga bisa tag lain.
Contoh elemen:
<p> Ini adalah sebuah <em>paragraf</em> </p>
Dari contoh diatas, Ini adalah sebuah <em>paragraf</em> merupakan elemen dari tag <p>.
Pengertian Atribut dalam HTML
Atribut adalah informasi tambahan yang diberikan kepada tag. Informasi ini bisa berupa instruksi untuk warna dari text, besar huruf dari text, dll.
Setiap atribut memiliki pasangan nama dan nilai (value), dan ditulis dengan name=”value”. Value diapit tanda kutip, boleh tanda kutip satu (‘) atau dua (“)
Contoh attribut :
href adalah nama dari atribut, dan http://smpberinginratu.blogspot.com/2013/09/belajar-html-dasar-page-1-pengertian.html adalah value atau nilai dari atribut tersebut. Tidak semua tag membutuhkan atribut, tapi anda akan sering melihat sebuah tag memiliki atribut, terutama atribut id dan class yang terutama dibutuhkan dalam manipulasi halaman web menggunakan CSS maupun JavaScript.
Pembahasan tentang atribut untuk masing-masing tag akan kita bahas pada pembahasan tag tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar