Senin, 14 Maret 2016

firstimg

Dosen Fisika ITS Ajak Belajar Sains dari Al Qur’an



Yogyakarta- Umumnya kita mempelajari sains terlebih dahulu, kemudian menemukan kecocokan dengan ayat di Al-Qur’an. Ini adalah paradigma yang terbalik. Seharusnya belajar Al-Qur’an terlebih dahulu, karena Al-Qur’an merupakan kitab suci umat Islam yang kebenarannya tidak bisa dibantah. Demikian yang disampaikan Agus Purwanto, Penggagas Trensains, dan Dosen sarjana-pascasarjana Fisika ITS.

Agus yang juga penulis penulis buku Ayat-Ayat Semesta menjadi pembicara dalam Seminar Pendidikan Nasional yang mengangkat tema “Menjadikan Al-Qur’an sebagai sumber sains. Acara yang digelar Forum Ayat-Ayat Semesta Jateng-DIY bekerjasama dengan DPD IMM DIY ini menjadi inspirasi pembentukan dan pengembangan ilmu pengetahuan berbasis Al-Qur’an.
Seminar ini diadakan di Auditorium kampus I Universitas Ahmad Dahlan (UAD), (14/2). Peserta yang hadir sebanyak 212 orang dari kalangan pelajar, mahasiswa, guru, dan umum. Mereka tidak hanya datang dari DIY, namun juga Jateng bahkan Bandung.

Ahmad Nur Huda selaku Ketua Panitia mengatakan, “Ingin membumikan ayat-ayat semesta.” Adapun yang dimaksud dengan ayat-ayat semesta adalah ayat-ayat Al-Qur’an berhubungan dengan alam semesta. Dengan diadakannya seminar ini harapannya makin banyak yang mengamalkan Al-Qur’an, tidak hanya membaca dan menghafalkannya.

“Semakin banyak terutama guru-guru tidak hanya mengajarkan sains, ilmu-ilmu yang konvensional, kurikulum yang hanya terpaku dari dinas,” katanya.

Ia berharap, peserta bisa menanamkan kecintaan Al-Qur’an kepada anak didik, membentuk pola pikir bahwa dari Al-Qur’an itu tidak hanya sebagai pajangan. Al-Qur’an bukan hanya ritual, tapi bisa menerapkan lebih luas di masyarakat.

Dikutip dari : http://edupost.id/berita-pendidikan/read/dosen-fisika-its-ajak-belajar-sains-dari-al-quran/

0 komentar:

Posting Komentar